Cara Efektif Belajar di Rumah

Untuk meningkatkan pemahaman seseorang anak pada materi pelajaran, belajar di rumah merupakan salah satu solusi yang dapat dicoba selain memberikan bimbingan belajar (bimbel), les atau kursus kepada anak. Karena itu agar waktu belajar di rumah bisa berjalan efektif, beberapa hal yang dapat dilakukan adalah:
1.       Memotivasi anak untuk membaca dengan membelikan buku kesukaannya, membaca bersama atau membuatkannya kartu perpustakaan. Dari sini diharapkan anak tidak “alergi” untuk membaca buku.
2.       Jauhkan anak-anak dari siaran TV dan game-game elektronik karena hal ini akan membuat mereka menjadi pasif, malas untuk melakukan sesuatudan mungkin malas untuk bergaul dengan teman sebaya. Buatlah jadwal kapan mereka bisa menonton atau bertmain game, langkah ini dimaksudkan juga untuk melatih disiplin.
3.       Mendukung hobi, minat dan bakat anak dengan menyediakan berbagai perangkat yang dibutuhkan. Misalkan jika anak tertarik dengan bahasa inggris, permainan scrabble menjadi satu pilihan yang tepat, atau pensil dan krayon jika mereka hobi menggambar.
4.       Kembangkan daya pikir dan konsentrasi anak dalam setiap pekerjaan. Hal ini bisa dilakakukan misalnya dengan permainan puzzle atau membuat mobil rakitan dari kayu yang banyak dijual dipasaran.
5.       Hal lain yang dapat dilakukan adalah membantu dan mengarahkan PR mereka sehingga orang tua bisa mengetahui materi apa saja yang diberikan di sekolah. Selain itu menjalin komunikasi dengan pihak sekolah dirasakan perlu untuk mengetahui perkembangan anak.
Pada intinya belajar di rumah harus dilakukan sesantai mungkin agar anak tidak merasa bosan. Patut diketahui, kemampuan anak usia SD untuk berkonsentrasi penuh adalah 20 menit pertama.

Sumber: MOP edisi 319 (Drs. Ngatijan)
Salam gitsali, semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar