Tips Berolahraga Saat Kehamilan

Tips Berolahraga Saat Kehamilan

1. Aerobic low impact, yang berarti aerobic tanpa gerakan melompat, tendangan tinggi, berlari cepat, dan tetap meletakkan satu kaki dilantai untuk mencegah persendian mudah lelah dan cidera. Aerobic low impact aman selama kehamilan.
2. Dianjurkan latihan ringan sampai dengan 3 kali seminggu.
3. Jangan melakukan olahraga yang menyebabkan kelelahan atau kehabisan nafas dan hentikan olahraga apabila mengalami gejala lelah, pusing, kehabisan nafas.
4. Pakailah sepatu olahraga yang nyaman.
5. Untuk menghindari overheated, wanita hamil disarankan untuk melakukan olahraga di daerah yang dingin, minum air yang banyak selama latihan, dan memakai baju olahraga yang nyaman.
6. Lakukan istirahat secara teratur.
7. Pilihlah tipe olahraga yang tidak menimbulkan resiko trauma (terutama bagian perut) dan jatuh dengan menghindari daerah yang berbatu dan jalur yang tidak stabil ketika berlari atau bersepeda.
8. Hindari olahraga yang melakukan gerakan berbaring dengan punggung sebagai dasarnya terutama pada triwulan kedua dan ketiga.
9. Asupan makanan sebaiknya ditingkatkan dengan komposisi sesuai dengan energi yang dikeluarkan ketika berolahraga.
10. Hindari mengangkat beban berat diatas kepala dan melakukan gerakan yang mengakibatkan penegangan dari otot pungging.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar