MENCEGAH KEKERASAN


Kekerasan terjadi akibat dari kurangnya hubungan sesama. Hubungan antarsesama akan terjalin dengan baik apabila dalam diri masing-masing memiliki sifat persahabatan yang baik, sehingga tidak timbul suatu niatan untuk saling menyakiti atau saling bermusuhan.

Sifat yang harus ditumbuhkan untuk mencegah tindakan kekerasan antara lain sebagai berikut:
1. Menghargai orang lain
Orang lain harus kita perlakukan dengan baik. Hormati mereka sehingga merasa nyaman dan damai.

2. Peduli
Dalam kehidupan bermasyarakat sudah sehatrusnya kita menjalin hubungan dengan orang lain, seperti: memperhatikan kepentingan atau keerluan orang lain.

3. Adil
Dalam melakukan hubungan dengan sesama hendaknya tidak melakukan perbuatan membeda-bedakan orang, perlakukan semuanya dengan sama.

4. Bertanggung jawab
Apa yang kita lakukan hendaknya dapat membantu apa yang diharapkan orang lain, sehingga mereka merasa puas.

5. Menjadi warga yang baik
Kehidupan bernegara atau bermasyarakat sudah seharusnya kita melakukan perbuatan yang baik terhadap sesama warga.

Dengan memiliki sikap-sikap diatas berarti kita sudah melakukan upaya pencegahan terhadap kekerasan. Sikap-sikap itu akan meredam perasaan sakit hati, dendam, tersinggung, takut, marah pada orang lain.
Dampak yang kita lakukan pada orang lain, mereka akan melakukan hal yang sama pada diri kita, sehingga kehidupan bermasyarakat dapat kita rasakan dengan aman, damai, dan tenteram.

Kehidupan disekolah pun hendaknyaseperti apa yang kita lakukan di masyarakat. Hal itu untuk menciptakan kehidupan sekolah yang aman, damai dan tenteram. Ciptakan hubungan sesama teman sekelas dengan baik, hormati kakak kelas kamu, lindungi adik kelas kamu, patuhi tata tertib sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar