Konsep Diri sebuah strategi mengenal diri sendiri


Konsep diri dapat didefinisikan sebagai keyakinan, penilaian atau pandangan seseorang terhadap dirinya.

Orang yang memiliki konsep diri negatif berciri-ciri: meyakini dan memandang bahwa dirinya lemah, tidak berdaya, malang, tidak kompeten, gagal, tidak menarik, tidak disukai, atau bodoh.

Orang yang memiliki konsep diri negatif akan bersikap pesimistis terhadap kehidupan dan kesempatan yang dihadapinya. Mereka adalah tipe orang yang gagal sebelum berperang, tidak melihat sebuah kesempatan sebagai sebuah tantangan, melainkan sebagai suatu masalah.Sebaliknya, orang yang memiliki konsep diri yang positif akan memandang kehidupan secara optimistis.

Mereka penuh rasa percaya diri, mereka siap menghadapi tantangan sekaligus kegagalan yang mungkin sesekali mereka temui. Namun, kegagalan itu tidaklah membuat mereka ‘mati’, namun kegagalan menjadi sebuah pelajaran untuk menjadi lebih baik.

Dalam hal ini saya ingin menekankan dengan sebuah pertanyaan: Bukankah sebagai manusia yang diciptakan Tuhan Yang Mahakuasa, kita seharusnya memanfaatkan segala kelebihan yang diberikan oleh-Nya?


Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi konsep diri adalah sebagai berikut.

1.    Kegagalan
Kegagalan yang terus menerus dialami sering kali menimbulkan pertanyaan kepada diri sendiri dan berakhir dengan kesimpulan bahwa semua penyebabnya terletak pada kelemahan diri. Kegagalan membuat orang merasa dirinya tidak berguna. Tidak jarang orang yang merasa gagal terjebak pada penilaian negatif terhadap dirinya sendiri, misalnya bunuh diri. Bukankah Tuhan sendiri melarang manusia untuk membunuh dirinya sendiri? Dalam hal ini, secara filosofis, Tuhan memang menghargai apa yang diciptakan-Nya.

2.    Depresi
Orang yang sedang mengalami depresi akan mempunyai pemikiran yang cenderung negatif dalam memandang dan merespons segala sesuatunya, termasuk menilai diri sendiri.

3.    Kritik Internal
Terkadang, mengkritik diri sendiri memang dibutuhkan untuk menyadarkan seseorang akan perbuatan yang telah dilakukan. Kritik terhadap diri sendiri sering berfungsi menjadi regulator atau rambu-rambu dalam bertindak dan berperilaku agar keberadaan kita diterima oleh masyarakat agar dapat beradaptasi dengan baik.

4.    Pola Asuh Orangtua
Pola asuh orangtua turut menjadi faktor signifikan dalam mempengaruhi konsep diri yang terbentuk. Sikap positif orangtua yang terbaca oleh anak, akan menumbuhkan konsep dan pemikiran yang positif serta sikap menghargai diri sendiri. Sikap negatif orangtua akan mengundang pertanyaan pada anak, dan menimbulkan asumsi bahwa dirinya tidak cukup berharga untuk dikasihi, untuk disayangi dan dihargai; semua itu akibat kekurangan yang ada padanya sehingga orangtua tidak sayang.

5.    Mengubah Konsep Diri
Seringkali diri kita sendirilah yang menyebabkan persoalan bertambah rumit dengan berpikir yang tidak-tidak terhadap suatu keadaan atau terhadap diri kita sendiri. Namun, dengan sifatnya yang dinamis, konsep diri dapat mengalami perubahan ke arah yang lebih positif. Langkah-langkah yang perlu diambil untuk memiliki konsep diri yang positif yaitu sebagai berikut:

a.    Bersikap Objektif dalam Mengenali Diri Sendiri
Hargailah diri sendiri. Tidak ada orang lain yang lebih menghargai diri kita selain diri sendiri. Jikalau kita tidak bisa menghargai diri sendiri, tidak dapat melihat kebaikan yang ada pada diri sendiri, tidak mampu memandang hal-hal baik dan positif dalam diri, bagaimana kita bisa menghargai orang lain dan melihat hal-hal baik yang ada dalam diri orang lain secara positif? Jika kita tidak bisa menghargai orang lain, bagaimana orang lain bisa menghargai diri kita?

b.    Jangan Memusuhi Diri Sendiri
Peperangan terbesar dan paling melelahkan adalah peperangan yang terjadi dalam diri sendiri. Sikap menyalahkan diri sendiri secara berlebihan merupakan pertanda bahwa ada permusuhan dan peperangan antara harapan ideal dengan kenyataan diri sejati (real self). Akibatnya, akan timbul kelelahan mental dan rasa frustrasi yang dalam serta makin lemah dan negatif konsep dirinya.

c.    Berpikir Positif dan Rasional
Dengan memiliki konsep diri yang positif, seseorang dapat memiliki rasa percaya diri yang kuat yang menampilkan sosok pribadi yang menarik. Seseorang yang selalu berpikir positif memiliki inner beauty. Inner beauty atau "kecantikan batin" adalah cerdas, ramah, murah senyum, punya banyak teman, dan rendah hati. Kecantikan tubuh akan dianggap lebih berarti jika disertai kecantikan batin. Hanya saja masih banyak kaum hawa yang belum ’sepakat’ dengan konsep bahwa kecantikan batin atau inner beauty akan lebih abadi daripada sekadar kecantikan fisik yang akan memudar dimakan usia.


Demikianlah sedikit hal tentang konsep diri, yang semoga dapat menambah wawasan kita semua..



Salam gitsali, semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar