Latihan membaca Cepat


Untuk menguasai keterampilan membaca cepat tidaklah datang dengan sendirinya pada diri seseorang, tetapi diperlukan suatu latihan yang rutin. Latihan ini meliputi latihan otot mata, pheriperial mata, dan latihan pernapasan.

1.    Melatih Otot Mata
Melatih otot mata dapat dilakukan dengan cara gerakan bola mata dalam keadaan terpejam ke atas ke bawah, lalu samping kiri dan kanan. Latihan ini harus dilakukan secara continue minimal selama 14 hari, masing-masing selama lima menit tanpa harus putus. Apabila satu hari saja tidak latihan, maka otot mata akan kembali ke keadaan sebelum latihan. Animasi Melatih Otot Mata

2.    Melatih Pheriperal Mata
Melatih pheriperal mata dapat dilakukan dengan cara pandangan mata mengikuti gerakan telunjuk di depan mata. Tujuannya agar mata kita dapat menjangkau seluruh bacaan tanpa menggeleng-gelengkan kepala, karena menggelengkan kepala itu menghambat membaca cepat.

3.    Melatih Pernapasan
Melatih prnapasan dapat dilakukan dengan cara tarik napas panjang keluarkan secara perlahan. Kemudian latihan konsentrasi yang berhubungan dengan sikap duduk, tegak, libatkan asosiasi dan imajinasi. Di sini usahakan seolah-olah sedang berkomunikasi dengan sang penulis.

Demikianlah tiga latihan yang dapat anda lakukan agar memiliki kemampuan membaca cepat. Kunci dari keberhasilan untuk memiliki kemampuan membaca cepat adalah rajin berlatih dan tidak mudah putus asa.

  
Salam gitsali, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar