Rumah Idaman

Rumah Idaman

Berkaitan dengan perbaikan kualitas keuarga muslim, setidaknya ada lima belas agenda yang perlu kita renungkan dalam rangka mewujudkan ruah yang Islami.

1. Rumah Islam adalah rumah orang-orang yang selalu mensucikan diri dan senantiasa mengingat Allah. Rumah yang di dalamnya ditegakkan penghambaan kepada Allah tanpa mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Setiap penghuni rumah mengamalkan berbagai bentuk doa dan hubungan dengan Allah (seperti doa makan minum, akan tidur dan bangun tidur, doa berpakaian dan sebagainya).
2. Rumah yang didirikan untuk menegakkan kedaulatan Allah dimuka bumi serta menjadi medan mewujudkan syari’at Islam dalam setiap aspek kehidupan para penghuninya.
3. Rumah yang penghuninya menyadari bahwa rumah tersebut hanya sementara bukan tempat yang kekal. Mereka merindukan rumah yang kekal di sisi Allah di Surga.
4. Rumah yang senantiasa bersih dari najis dan hadast (besar atau kecil) karena kebersihan merupakan sebagian dari iman dan kebersihan merupakan salah satu syarat sahnya ibadah.
5. Rumah yang didalamnya senantiasa mengalun suara Al-Qur’an baik dari suara penghuni rumah, para tamu, kaset, TV atau radio.
6. Rumah yang seluruh penghuninya selalu berkomunikasi dengan akrab seuai dengan akhlak Islam. Anak-anak berbakti kepada orang tua, orang tua mendidik anak-anak, adik menghormati kakak dan kakak menyayangi adiknya.
7. Rumah yang didalamnya jauh dari hingar bingar hiburan jahiliyah, baik berupa musik, film dan sebagainya. Karena hal itu membawa kekotoran batin dan virus-virus jahiliyah yang melaaikan ibadah kepada Allah.
8. Rumah yang menjadi madrasah (tempat pendidikan) bagi seluruh anggota keluarga rumah tersebut. Tersedia berbagai sarana untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan seluruh anggota keluarga dalam berbagai aspek Islam dan Ilmu pengetahuan: buku-buku, majalah, dan koran yang Islami.
9. Rumah yang kondusif untuk menumbuhkan anak-anak yang sehat rohani dan jasmani karena tersedia sarana untuk meningkatkan keimanan, menambah kecerdasan intelek-tualitas dan menyehatkan tubuh.
10. Rumah yang dihuni oleh ayah dan anak-anak yang saleh, selalu memakmurkan masjid dan aktif dalam berbagai kegiatan keislaman ditengah masyarakat.
11. Rumah yang dihuni oleh istri dan ibu yang salehah yang menjadi tumpuan dan sumber kasih sayang keluarga karena mencintai suami dan anak-anaknya.
12. Rumah yang dicintai tetangga-tetangganya karena para penghuninya menjadi sumber kerukunan, tempat pengaduan, tempat meminta bantuan kemanusiaan.
13. Rumah yang penghuninya memuliakan tamu dan tetangga, baik keluarga, katib kerabat, teman sejawat ataupun bukan. Siapa saja yang mendatangi rumah itu, dia akan merasakan suasana ukhuwah Islamiah.
14. Rumah yang seluruh penghuninya menjadi teladan bagi masyarakat dan lingkungannya dalam menegakkan akhlak Islam, berprestasi dalam berbagai hal dan menjadi rujukan bagi segala kebaikan.
15. Rumah yang perlengkapannya penuh berkah, berdaya guna dan berhasil guna, tidak ada sarana-sarana mubazir atau melalaikan para penghuninya dari jalan Allah.

Tidak mudah memiliki rumah seperti itu, tetapi kenapa kita tidak mencoba memilikinya dari sekarang? Semoga bisa jadi renungan bagi kita semua. Amin.


Sumber: hidayah edisi maret 2006 (sri indriana)
Salam gitsali, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar