Tips Merawat Printer

Merawat printer tidaklah sesulit kedengarannya, bahkan bisa dianggap mudah, dan jika perawatannya kita lakukan dengan benar, maka umur printer akan bertambah.

Berikut tips merawat printer, khususnya printer inkjet yang umumnya digunakan:
1. Agar umur printer lebih panjang, tentunya kita harus rajin-rajin membersihkannya, bersihkan bodi printer yang kotor dengan kuas atau kain. Khusus untuk bagian dalam, gunakan kuas untuk membersihkan sela-sela yang sulit dijangkau. Ingat, kondisi printer harus mati saat kita membersihkannya.
2. Jangan biarkan catridge sampai benar-benar kosong, segera isi ulang jika tinta di dalam catridge mulai kosong. Tips ini berlaku untuk yang menggunakan tinta isi ulang.
3. Jangan sekali-kali menyentuh pin cmos, karena pin ini rusak jika terkena listrik static dari tubuh kita. Jika benar-benar diperhatikan, pin ini sudah diberi tanda tangan dan di silang, yang artinya tidak boleh disentuh.
4. Jangan sampai printer kita tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama. Paling tidak dua hari sekali printer digunakan untuk mencetak, tidak hanya warna hitam, tetapi semua warna. Hal ini dilakukan untuk mencegah tinta mengering dan menggumpal di head printer.
5. Matikan printer sesuai dengan aturan, yaitu menekan tombol off batulah mencabut kabel yang terhubung dengan listrik. Jangan langsung mencabut kabel listriknya, jika ini sering dilakukan, maka BIOS komputer bisa error, lebih parahnya BIOS rusak secara fisik. Bahaya lainnya adalah saat kita mencabut kabel langsung, posisi head printer saat itu mungkin belum pada posisi yang seharusnya. Akhirnya, tinta mengendap dan mengering pada head.
6. Tutupi printer dengan kain, tapi jangan menutupnya terlalu rapat, karena menutup rapat tanpa didukung pencegah udara lembab dapat mempercepat kerusakan printer.
7. Gunakan tinta dengan merk yang sama dengan tinta yang digunakan sebelumnya. Dan memang jika ingin menggunakan tinta merek baru, pastikan catridge benar-benar kosong barulah mengisi tinta dengan merek baru. Gonta ganti merek tinta, dapat menyebabkan tinta menggumpal di head.
8. Saat mencetak, selalu gunakan kertas yang masih layak digunakan (tidak lecek). Kenapa? Ya karena kertas lecek bisa tersangkut, atau sering kita dengar dengan istilah “paper jam”. Pastikan juga kertas yang kita gunakan adalah kertas yang bersih, karena jika kertas kotor, kotoran tersebut dapat menempel di head printer, yang menyebabkan tinta menjadi macet.

Itulah beberapa tips untuk merawat printer yang kalian miliki, semoga dapat bermanfaat karena tidak perlu sering service atau bahkan membeli printer baru. Hemat anggaran kan?


Sumber: MOP edisi 336 2010 (jie)
Salam gitsali, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar