Wawasan Kebangsaan

Wawasan Kebangsaan

Wawasan kebangsaan adalah cara seseorang atau kelompok orang melihat keberadaan dirinya yang dikaitkan dengan nilai-nilai dan spirit kebangsaan dalam suatu negara. Cara melihat dirinya ini terkandung makna sebagai kemampuan diri untuk merasa bahwa dirinya adalah bagian integral dari bangsa dan negara dimana dirinya berada. Semakin mereka mengerti dan mendalami nilai-nilai dan spirit yang telah disepakati bersama dalam suatu negara, serta menerapkannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, maka semakin kokoh pula keberadaan bangsa dan negaranya.

Nilai dan spirit dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang disepakati dan dirumuskan oleh pendiri bangsa sebagai pedoman merupakan falsafah hidup bangsa. Dengan demikian, kesepakatan berbangsa berarti bahwa warga suatu bangsa tidak akan mengkhianati perjuangan para pendahulunya dan dengan senang hati akan mendalami falsafah yang telah disepakati itu. Kesetiaan ini adalah ciri utama anggota dari suatu negara dan bangsa yang diwujudkan dalam perilaku yang didasari oleh nilai-nilai luhr bangsanya.

Kebangsaan yang berasal dari bangsa dapat mengandung arti ciri-ciri yang menandai godaan bangsa tertentu dan dapat pula mengandung arti kesadaran diri sebagai warga dar suatu negara. Dengan perkataan lain, kebangsaan menunjukkan pengertian kesadaran dan sikap yang memandang dirinya sebagai suatu kelompok bangsa yang sama dengan keterikatan sosio-kultural yang disepakati bersama. Keterikatan ini menjadi titik tolak untuk menyepakati tindakan yang akan dilakukan dalam upaya mewujudkan cita-cita bersama.

Dlam rangka menerapkan konsep wawasan kebangsaan perlu dipahami aspek moral dan aspek intelektual. Aspek moral konsep wawasan kebangsaan menyaratkan adanya komitmen pada warga negara untuk turut bekerja bagi kelanjutan eksistensi bangsa dan bagi peningkatan kualitas kehidupan bangsa. Aspek intelektual wawasan kebangsaan juga menghendaki pengetahuan yang memadai mengenai tantangan-tantangan yang dihadapi bangsa, baik saat ini maupun di masa yang akan datang dan berbagai potensi yang dimiliki bangsa.

Berdasarkan uraian diatas , maka wawasan kebangsaan ini akan menentukan suatu bangsa mendayagunakan kondisi geografis negaranya, sejarah, sosio-budaya, ekonomi, dan politik serta pertahanan dan keamanan dalam mencapai cita-cita dan menjamin kepentingan nasionalnya. Wawasan ini menentukan bagaimana bangsa ini menempatkan dirinya dalam tata hubungan dengan sesama bangsanya dan dalam pergaulan dengan bangsa-bangsa lain di dunia (internasional).



 salam gitsali, semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar