Arti Lambang Daerah kabupaten Wonosobo

Arti Lambang Daerah kabupaten Wonosobo

Lambang daerah Kabupaten Wonosobo ditetapkan berdasarkan penetapan DPRD Daerah Swntantra Tingkat II Wonosobo Nomor: Sk.58/DPRD/44 Tanggal 22 Desember 1958. Penetapan Lambang Daerah ini kemudia diperkuat pula dengan Keputusan Presiden RI Nomor 186 Tahun 1960 Tanggal 1 Agustus 1960.

Lambang daerah ini dapat digunakan sebagai Bendera, Panji, Lencana dan Stempel. Penggunaan lambang daerah harus dilakukan dengan cara yang terhormat dan tidak boleh digunakan dengan cara yang dapat merendahkan martabat Pemerintah Daerah dan Masyarakat Kabupaten Wonosobopada umumnya. Penyalahgunaan Lambang Daerah dapat dikenai hukuman kurungan selama-lamanya tiga bulan. Lambang Daerah ini resmi digunakan sejak tanggal 1 Januari 1959.


Isi dan Makna Lambang Daerah, yaitu:
a.       Bentuk Perisai adalah lambang pertahanan (Batin) yang tunggal.
b.      Garis lurus ke bawah 19 menunjukkan angka ratusan tahun dan melambangkan hujan.
c.       Tiga garis yang bereluk masing-masing sepuluh menunjukkan tahun 1930 berdirinya Otonomi Kabupaten Wonosobo dan melambangkan daerah sumber air.
d.      Perbandingan ukuran dalam bidang 5 : 7 menunjukkan tahun 1957 tahun terbentuknya Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Swatantra Tingkat II Wonosobo yang langsung dipilih oleh rakyat.
e.      Daun teh yang berjumlah 13 menunjukkan nilai (neptu) hari pasaran menurut hitungan Jawa terbentuknya Daerah Perwakilan Rakyat Daerah Swatantra Tingkat II Wonosobo pada hari Senin Pahing.
f.        Daun tembakau sebanyak 9 helai menunjukkan tanggal dan bulan terbentuknya Dewan Perwakilan Rakyat Daerah hasil pilihan rakyat pada tanggal 9 September 1957.
g.       Dwi Arga melambangkan dua gunung besar yaitu Sindoro dan Sumbing.
h.      Sabda Pandawa Raga Nyawiji adalah hitungan Surya sangkala yang mengandung makna Panca Ika Tunggal Ika yaitu cita-cita untuk persatuan dan kesatuan.
i.         Warna hitam melambangkan keabadian, warna hijau melambangkan kemakmuran, warna kuning keemasan melambangkan keluhuran, warna merah melambangkan kebenaran dan warna putih melambangkan kesucian.


 salam gitsali, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar