Cara Gampang Cari Situs Yahoo denga Search Engine

Saat masuk ke duni maya (internet), adakalanya kita bingung mencari informasi tapi nggak tahu nama atau alamat situsnya.
Search engine adalah sebuah database elektronik yang berisi jutaan hingga milliaran alamat-alamat situs dan informasi yang berserakan diseluruh dunia. Situs search engine terkenal kerap menduduki salah satu peringkat teratas dari situs-situs yang paling banyak dikunjungi. Cara menggunakan search engine juga tidak begitu rumit, yaitu dengan mengetikkan kata kunci dari sebuah informasi yang pingin dicari. Dengan demikian, database akan menampilkan sejumlah link yang mengarahkan kita poada situs-situs atau informasi yang yang mempunyai kata yang tak jauh berbeda dengan kata kunci yang kita masukkan.

Saat ini, keberadaa search engine sudah banyak dan gampang ditemui. Di warnet-warnet sekitar kita pun juga menyuguhkan beberap search engine yang muncul secara otomatis saat kita meng-klik internet explorer (bagi yang menggunakan internet explorer).

Beberapa search engine yang terkenal dan sering dipakai adalah Yahoo, Google, dan Altavista.
 Yahoo
Yahoo pantas mendapat sebutan sebagai sarana pencarian paling populer saat ini karena selain cukup cepat aksesnya juga didukung oleh data yang sangat besar. Link-link yang ditampilkan pada tampilan mukanya urut secara abjad bikin pengguna menjadi terbantu khususnya bagi pemula, dengan pilihan-pilihan kategori yang sangat lengkap dan detil. Selain penggunaan search engines, Yahoo juga menawarkan menu “current news”, “stock quotes”, “sport score”, “yellowpages” dan “citymaps”. Karena begitu beragamnya informasi yang dapat diperoleh melalui Yahoo, sehingga site ini banyak dimanfaatkan pengguna jasa internet mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

 Google
Google adalah satu-satunya search engine umum yang menyimpan informasi situs ketika pertama kali berada di daftar indeks. Sehingga meskipun suatu situs telah mati dan tidak terpakai tetapi masih terdapat link-nya didalam database Google, maka kita masih bisa melihat tampilan atau membaca isi situs tersebut. Selain mapu mencari informasi di situs internet, Google juga mampu membongkar isi file yang berakhiran pdf, doc, zls, ppt, rtf, ps, txt, wpd, asp dan lainnya. Saat ini Google juga tampil dalam berbagai bahasa termasuk bahasa Indonesia dan bahasa jawa.

 Altavista
Altavista adalah merupakan salah satu veteran search engine terbesar. Selama bertahun-tahun, sebelum kelahiran situs-situs search engine di atas, Altavista merupakan search engine yang cukup diperhitungkan. Tetapi pada Mei 2001, kejayaan tersebut mulai luntur sehingga banyak dari tambahan informasi tersebut lenyap atau tidak muncul sebagai mestinya. Selain mecari situs, Altavista dilengkapi dengan database informasi tentang gambar, MP3/audio, video, direktori dan berita.



Sumber: MOP edisi 303 2007 (yos)
Salam gitsali, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar