Etika Berkunjung ke Rumah Teman

Etika Berkunjung ke Rumah Teman

Saling mengunjungi antarteman merupakan salah satu upaya agar jalinan persahabatan tetap langgeng. Dengan saling berkunjung, kita akan mengetahui latar belakangkeluarga dan aktivitas mereka di rumah. Sehingga, selain kita tambah akrab dengan teman kita, kita akan akrab pula dengan keluarganya.

Namun demiki an, upaya mengunjungi teman harus memperhatikan etika (terutama yang berlaku didaerah stempat), supaya aktivitas ini tidak justru mengganggu si tuan rumah. Adapun beberapa etika berkunjung ke rumah teman atau orang lain yang harus kita perhatikan adalah:

1. Jangan mendadak jika tidak ada kepentingan mendesak.
2. Janjian terlebih dahulu, misalnya menyampaikan secara langsung saat bertemu disekolah, atau menelpon untuk memberi kabar kedatangan dan maksud kita.
3. Memperhatikan waktu-waktu yang tepat untuk brkunjung, misalnya di sore hari. Hal ini ada sebagian masyarakat yang memanfaatkan waktu siang hari untuk istirahat (tidur siang). Tetapi jika teman kita dan keuarga tidak keberatan, tentunya ini bukan masalah. Hanya saja yang perlu diperhatikan, jangan sampai kehadiran kita disana menimbulkan suasana bersik yang mengganggu anggota keluarga yang sedang istirahat.
4. Berkenalan dengan orang tua, saudara dari teman yang kita kunjungi.
5. Berpamitan saat pulang atau ketika ingin mengajak teman kita main diluar.
6. Meskipun berkunjung ke rumah teman sangat dianjurkan, bukan kita menjadi keseringan mengunjungi teman kita. Hal ini tidak menutup kemungkinan akan menimbulkan kebosanan.
7. Mengunjungi teman tanpa membeda-bedakan status sosial mereka.
8. Membawa oleh-oleh jika baru saja pulang dari bepergian jauh atau ketika mempunyai banyak makanan di rumah.
9. Berkunjung tidak hanya dalam rangka bermain saja, tetapi juga untuk belajar bersama. Dengan demikian saling mengunjungi ini akan memberikan nilai manfaat yang sangat besar.


Sumber: MOP edisi 288 tahun 2006
Salam gitsali, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar