Ingin Keberhasilan dalam Proses Belajar?

Tulisan ini bertujuan membantu siswa untuk mendapatkan gambaran tentang proses pembelajaran, dengan harapan siswa dapat meningkatkan frekuensi belajarnya hingga dapat meraih prestasi belajar yang optimal.
 Minimal ada 4 (empat) macam perilaku dimana seseorang mengalami proses belajar, yaitu: mengamati, memperhatikan, mendengarkan dan menanyakan. Empat perilaku tersebut, akan mendorong perilaku belajar berikutnya, yaitu: berlatih, melaksanakan, meneliti, dan evaluasi. Bila seseorang belajar hanya melaksanakan 3 (tiga) perilaku belajar (memperhatika, mengamati, mendengarkan), maka orang tersebut termasuk belajar pasuf tidak ubahnya orang yang menonton film atau TV. Tetapi apabila 4 (empat) perilaku belajar itu dilaksanakan , maka termasuk belajar aktif, karena dengan aktivitas menanyakan berati ada upaya dalam diri siswa untu lebih mengerti, memahami dan menguasai apa yang dipelajari, yang kemudian dilanjutkan dengan perilaku-perilaku belajar selanjutnya. Dalam hal ini tuntutan rasa ingin tahu yang ada pada diri siswa dapat berkembang dengan baik.
 Ada hal-hal yang harus diingat dlam proses pembelajaran bila seseorang menginginkan keberhasilan:
1.       Konsentrasi (pemusatan perhatian pada obyek yang dihadapi). Untuk mendapatkan hasil belajar yang optimal, seseorang harus dapat berkonsentrasi dengan baik, srtinya semua gerakan panca indera, mulai dari perhatian, pengamatan, pendengaran diarahkan pada satu obyek yang dipelajari, sehingga dicapai intensitas belajar yang tinggi dalam diri siswa.
2.       Motivasi (kemauan untuk melakukan sesuatu akibat adanya dorongan atau motiv tertentu). Motivasi merupakan dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan sesuatu tindakan dengan tujuan tertentu.
 Belajar konsentrasi dan motivasi dapat diperoleh siswa dalam belajar?
Konsentrasi dan motivasi belajar dapat dimiliki siswa dengan cara, antara lain:
1.       Siswa memahami tujuan dalam belajar, mengapa saya belajar? Untuk apa saya belajar?
2.       Siswa memahami tujuan mempelajari tiap mata pelajaran untu apa saya mempelajari mata pelajaran itu?
3.       Siswa memiliki buku catatan yang lengkapuntuk tiap mata pelajaran.
4.       Siswa memiliki buku paket, di samping melengkapi buku-buku penunjang termasuk Lembar Kerja Siswa (LKS).
5.       Adanya suasana/hubungan yang kondusif antara siswa dan guru.
Kebiasaan belajar yang bagaimana yang harus dilakukan siswa agara memiliki konsentrasi dan motivasi belajar yang baik?
 Ada pepatah dalam bahasa Jawa “anane bisa jalaran saka kulina”, pepatah itu mengandung makna orang yang bisa (mengerti, memahami, mahir, menguasai suatu pengetahuan) karena terbiasa (membiasakan diri) dengan pengetahuan itu. Jadi kalu kita sering mempelajari sering berlatih, sering membaca pengetahuan itu, maka kita akan dapat menguasai dan memahami pengetahuan itu. Demikian halnya dengan belajar, bagi siapa yang sering mempelajari, membaca dan berlatih mata pelajaran itu, maka orang tersebuit akan dapat menguasai dan memahami mata pelajaran itu.
 Yang menjadi permasalahannya sekarang, apakah kita sudah membiasakan diri dengan mata pelajaran itu?
 Ada banyak cara untuk membiasakan diri dalam belajar, salah satu caranya adalah:
1.       Lakukanlah kegiatan belajar itu secara rutin/terus menerus.
2.       Ada 2 waktu belajar minimal yang dapat digunakan, yaitu malam dan pagi hari. Waktu belajar malam hari (lakukan minimal 2 jam) digunakan untuk:
a.       Lenyelesaikan tugas dan latihan dari mata pelajaran yang dipelajari siang hari tadi;
b.      Membaca kembali materi pelajaran yang sudah dipelajari siang hari tadi;
c.       Menyiapakan materi pelajaran yang akan dipelajari hari berikutnya (pagi nanti).
Waktu belajar pagi hari dapat digunakan utuk mempelajari kembali materi pelajaran yang sudah disiapkan yang akan dipelajari paghi harinya, minimalnya membaca bab terakhir/materi terakhir yang sudah dicatat/diajarkan, terlebih juga membaca tema/bab yang akan dipelajari berikutnya.


Sumber: MOP edisi 329 2010 (nur hidayat)
Salam gitsali, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar