Manfaat Minum Air Putih

Setelah berpanas-panas, ketika tubuh berkeringat atau ketika kita sedang haus, barulah kita ingat akan air putih.

Padahal, air bening/putih ini tidak hanya dibutuhkan ketika cairan telah keluar dari tubuh, mengingat bermacam-macam faedah yang terkandung didalamnya.

Tidak heran jika banyak nasehat yang mengatakan minumlah air putih sebelum rasa haus datang, berhubung kita haus sebenarnya tubuh kita telah mengalami dehidrasi

Berikut ini adalah beberapa khasiat/faedah yang dapat diperoleh dari segelas air putih:
1. Air putih dapat menbantu diet anda berhasil. Patut diketahui, tubuh membutuhkan asupan cairan yang cukup. Rasa lapar yang muncul sebelum waktunya kadang merupakan tanda bahwa tubuh mulai mengalami dehidrasi. Pada dasarnya makanan yang kita konsumsi banyak mengandung air, sehingga jika konsumsi air cukup maka rasa lapar yang muncul tidak berlebihan sehingga membantu meminimalkan porsi makan.
2. Mengkonsumsi air putih yang cukup juga dapat membantu menghindari terjadinya pada ginjal. Pasalnya air putih dapat membantu melarutkan kalsium dalam urine, sehingga meminimalkan terjadinya batu ginjal, serta racun dalam tubuh pun menjadi lebih mudah dikeluarkan.
3. Air putih dibutuhkan dalam proses pencernaan, berkat fungsinya yang membantu menyerap kandungan vitamin serta nutrisi makanan. Makanan yang mengandung serat, misalnya tidak akan memberikan faedah kepada tubuh secara maksimal jika tidak dibantu oleh air putih. Hal ini jika konsumsi air putih tidak memadai, serat makanan tersebut justru akan menjadi “zat yang menakutkan” bagi tubuh karena dapat mengakibatkan sembelit.
4. Air putih dapat membantu melancarkan peredaran darah. Itulah sebabnya mengkonsumsi air putih sebelum haus sangatlag dianjurkan karena ketika kita sedang tidur, sebenarnya darah mengental, sehingga bila kekurangan cairan dpat menyebabkan pasokan darah ke otak terhambat. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya rasa pusing pada saat bangun pagi setelah tidur malam waktu yang lama.
5. Biasakanlah mengkonsumsi air putih, sedikitnya delapan gelas setiap hari jika perlu lebih baik jika lebih dari delapan gelas setiap harinya.


Sumber: MOP edisi 329 2010 (ngatijan)
Salam gitsali, semoga bemanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar