Merawat dan Memilih Keyboard

Merawat dan Memilih Keyboard

Keyboard merupakan salah satu komponen yang melengkapi komputer. Gimana sih memilih keyboard yang baik dan nyaman dipakai? Berikut beberapa tips yang bisa dijadikan pertimbangan:

1. Pilih keyboard yang egonomis
Bagi yang sering berinteraksi dengan komputer, disarankan untuk memilih keyboard yang ekonomis. Keyboard ekonomis biasanya berbentuk datar dan umumnya dibagi dalan dua segmen. Terkadang juga terdapat track ball yang bisa digunakan sebagai mouse. Semua fasilitas ini dihadirkan guna menghindari pengguna meletakkan tangannya dalam posisi yang salah, yang akan berakibat pada sakit yang berkepanjangan.

2. Warna keyboard juga berpengaruh pada penglihatan
Ergonomis tidak hanya terbatas pada bentuk dan desain saja. Warna juga menjadi salah satu unsur penting ergonomis. Hindari warna yang kontras, karena warna-warna seperti itu tidak termasuk dalam kategori ergonomis. Pilih warna keyboard yang tidak “sakit” dipandang mata. Umumnya hitam dan perak menjadi warna pilihan banyak konsumen.

3. Pertimbangkan fungsi ekstra yang disertakan pada keyboard
Fungsi-fungsi ekstra tersebut akan mempermudah kerja anda selagi bergulat dengan komputer. Beberapa keyboard yang mahal bahkan ada yang dilengkapi tombol untuk memunculkan program kalkulator saku windows. Ada juga keyboard yang memungkinkan pengguna memberi fungsi pada tombol tambahan. Artinya, seluruh aktifitas yang sudah dilakukan bisa dipanggil kembali hanya dengan menekan sebuah tombol di keyboard.

4. Bagi pengguna yang menginginka keamanan pada komputernya, bisa dimulai dari keyboard
Pasalnya, saat ini sudah ada keyboard yang bisa mendeteksi sidik jari. Sidik jari inilah yang menentukan apakah seseorang bisa menggunakan keyboard tersebut atau tidak.

5. Pilih keyboard dengan port USB
Fasilitas ini akan memudahkan anda yang senang bergelut dengan pemutar MP3 atau kamera digital.

6. Sesuaikan harga keyboard dengan kantong anda
Soal harga? Pastinya ada banyak variasi harga keyboard mulai dari harga 50.000,- untuk keyboard biasa hingga 300.000,- untuk keyboard yang dilengkapi dengan multimedia. Sementara irtu keyboard ergonomis tersedia dengan harga sekitar Rp. 80.000,-. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kapasitas kantong anda sesaat akan membeli keyboard.

7. Rawat keyboard dengan cara rajin membersihkannya
Barang mahal sekalipun, jika tidak dirawat lama kelamaan akan rusak. Gunakan kuas untuk membersihkan sela-sela tombol keyboard. Dan tentu saja, jangan makan atau minum di dekatnya karena bisa saja tanpa sengaja anda menumpahkan makanan atau minuman pada keyboard.


Sumber: MOP edisi 296 tahun 2007 (yos)
Salam gitsali, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar