Tips Mengatasi Kerusakan Ponsel/HP


Kerusakan ponsel sendiri terdiri dari beberapa tingkatan. Istilah-istilah yang sering digunakan oleh kalangan service center adalah tingkat 1, tingkat 2, tingkat 3. Masing-masing tingkatan tergantung dari berat atau tidaknya kerusakan.

Nah, yang akan kita bahas kali ini adalah kerusakan untuk tingkat 1. Kerusakan ini biasanya merupakan gangguan yang ditimbulkan cenderung ringan da dapat diatasi oleh pengguna. Salah satunya yaitu kerusakan akibat serangan virus. Kebanyakan, ponsel-ponsel yang terkena vieus menggunakan sistem operasi Symbian 1st edition dan 2nd edition.

Beberapa cara untuk penanganannya adalah:
1. Lindungi Dengan Antivirus
Beberapa virus yang tidak terlalu mengganggu proses star up bisa di antisipasi dengan antivirus. Beberapa antivirus populer antara lain:
a. Netqin, antivirus buatan Cina ini tersedia untuk ponsel-ponsel Symbian. Bisa didownload di www.netqin.com.
b. Kaspersky, selain membuat antivirus PC, Kaspersky juga punya produk khusus untuk produk gadget. Informasi lebih lengkapnya bisa dilihat di http://www.kaspersky.com/mobile_downloads.
c. F-secure, sama halnya dengan Kaspersky, F-secure lebih dulu dikenal di produk PC. Kamu bisa mendownloadnya di http://mobile.f-secure.com

2. Reset Ulang/Master Reset
Reset ulang atau master reset ini dilakukan sebagai jurus terakhir apabila ponsel kamu tidak bisa lagi melakukan start up atau proses masuk ke menu utama. Kalau sudah begini, kamu bisa melakukan langkah reset ulang dengan menekan tombol rahasia, yakni matikan ponsel lalu tekan tombol Call, Angka 3 dan tombol Bintang secara bersamaan, kemudian hidupkan ponsel. Cara ini hanya dapat dilakukan untuk ponsel-ponsel Symbia 2nd edition.

Tapi sebelumnya pindahkan dulu file-file penting yang ada di memori ponsel kamu ke tempat yang aman, seperti kartu memori. Cara lain untuk melakukan hard reset pada ponsel Nokia adalah dengan menekan tombl *#7370#. Dan memasukkan kode standar 12345.

Rata-rata kerusakan ponsel Symbian terletak pada sistem atau softwarenya. Cara reset ulang/format ulang ini dilakukan sebelum memutuskan untuk melakukan perbaikan software dengan bantuan repair box. Reset ulang biasanya lebih dikenal juga dengan istilah Master reset dan tiap merk maupun tipe ponsel berbeda-beda.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar