Tomat Penghalau Kanker dan Serangan Jantung


Tomat Penghalau Kanker dan Serangan Jantung

Tomat (Lycopersicum esculentum), merupakan buah yang populerkarena banyak digunakan masyarakat dalam berbagai keperluan hidangan. Tomat termasuk buah buni, berdaging, kulitnya tipis licin mengkilap, beragam bentuk maupun ukurannya.

Berdasarkan sifat konsumsinya, tomat dibedakan menjadi 2 yakni tomat buah dan tomat sayur. Tomat buah biasanya ukurannya besar, berdaging tebal, berbiji sedikit dan berwarna merah. Tomat jenis ini biasanya disantap segar sebagai buah, dibuat selat atau dibuat jus.

Sementara itu yang berukuran kecil, biasanya dikenal sebagai tomat sayur. Tomat jenis ini biasanya diolah menjadi aneka macam sayuran, misalnya sayur sop, oseng, dibuat sambal atau saus.

Kompoisi Nutrisi
Buah tomat kaya akan kandungan aneka mineral dan vitamin. Beberapa mineral yang terkandung dalam tomat, antara lain potassium, magnesium, kalsium, zat besi, dan fosfor. Sementara itu, beberapa vitamin yang terdapat dalam tomat antara lain vitamin B1, B2, B6, C, E, Betakaroten dan likopen.

Senyawa likopen ini merupakan senyawa istimewa dalam buah tomat. Likopen membuat tomat berwarna merah, sehingga menarik untuk dipandang. Di samping itu, senyawa ini juga memiliki khasiat sebagai antioksidan. Dari semua karotenoid, likopen memiliki kemampuan tertinggi sebagai antioksidan yang berkemampuan menghalau serangan radikal.

Sejumlah studi menunjukkan likopen dalam menekan kanker prostat, kulit, payudara dan rahim. Di samping itu juga mampu mengurangi terjaginya penyakit jantung dan katarak.

Dalam satu kilogram tomat merah mengandung 50 mg kilopen, sedangkan tomat kuning hanya mengandung 5 mg. Laki-laki yang mengkonsumsi lebih kurang 6,5 mg/hr, maka resiko terkena kanker prostatnya berkurang 1/5.

Senyawa likopen termasuk senyawa yang tahan panas, sehingga dalam bentuk hasil olahnya, kandungan likopen dalam tomat tidak mengalami penurunan. Mencampur tomat dengan minyak zaitun akan meningkatkan penyerapan likopen oleh usus.

Manfaat dan Khasiat
Disamping sebagai penambah cita rasa dalam berbagai masakan olahan, ternyata tomat memiliki banyak khasiat.  Beberapa khasiat buah tomat antara lain mengatasi:
1.       Gangguan pencernaan (perut kembung, kurang nafsu makan),
2.       Sembelit (susah buang air besar),
3.       Tekanan darah tinggi (hipertensi),
4.       Kolesterol tinggi (hiperkolestrolemis),
5.       Sakit kuning,
6.       Radang hati,
7.       Radang gusi dan sariawan,
8.       Jerawat


Cara Pemakaian

1.       Hipertensi
Makan buah tmat segar sebanyak 1 atau 2 buah pada waktu pagi, sewaktu perut kosong.

2.       Jerawat
Tambahkan 25 ml alkohol 70% pada jus tomat 100 ml, lalu kocok merata. Gunakan campuran ini untuk menggosok muka yang berjerawat. Lakukan 2 – 3 kali sehari.

3.       Sakit kuning
Minum jus tomat sehari 3 kali, masing-masing 1 cangkir.

4.       Wasir
Rebus beberapa buah tomat yang masak dalam minyak kelapa selama kira-kira 10 menit, lalu saring dengan sepotong kain. Setelah dingin oleskan pada wasirnya.

Untuk memperoleh manfaat tomat secara menyeluruh, sebaiknya tambahan tomat dalam pola makan kita setiap hari, baik dalam bentuk sambal tomat, saus tomat atau dalam bentuk jus tomat.



Sumber: MOP edisi 341 tahun 2011
Salam gitsali, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar