Cara Belajar Efektif

Belajar merupakan sebuah aktifitas yang mutlak dilakukan oleh seorang pelajar. Tuntutan untuk belajar secara berkesinambungan hendaknya harus dipenuhi sepanjang yang bersangkutan ingin mendapatkan sebuah pemahaman yang utuh terhadap sebuah subtansi ilmu dan pengetahuan yang sedang digeluti.

Oleh karena merupakan sebuah aktifitas yang sifatnya berkesinambungan, maka tentunya dibutuhkan tata cara yang
efektif sehingga waktu dan ruang yang digunakan dalam rangka memenuhi sebuah pemahaman itu melalui belajar dapat tentunya optimal dan memiliki dampak yang maksimal. Profesor Joseph Frank Landsberger atau lebih akrabnya sering dipanggil Joe, seorang peneliti dalam karakteristik dan atribut dari kegiatan belajar (Research in learner characteristics and attribute), memberikan sebuah panduan untuk bagaimana seseorang dapat melakukan belajar dengan cara yang efektif. Dalam tata cara belajar yang efektif, Joe mengunakan pendekatan "metacognition", istilah yang diciptakan oleh Flavell (1976), dan disampaikan oleh banyak orang. Berikut ulasan singkat tentang tata cara belajar yang efektif:

A.     Untuk membuat langkah-langkah belajar efektif ADALAH mengetahui terlebih dahulu:
1.     Diri sendiri
2.     Kemampuan belajar anda
3.     Proses yang berhasil anda gunakan dan dibutuhkan
4.     Minat dan pengetahuan atas pelajaran anda inginkan.
Proses belajar sebuah ilmu katakanlah Manajemen Keuangan sangat mudah tetapi tidaklah semudah mempelajari Strategic Management, atau sebaliknya. Dengan kata lain, Joe menyampaikan bahwa dengan belajar apapun merupakan sebuah proses untuk mencapai tahap-tahap tertentu.

B.    Empat langkah untuk belajar:
Pada tahap ini disediakan beberapa pertanyaan yang harus kita jawab. Setelah menjawab pertanyaan ini maka kita diwajibkan untuk menyusun strategi yang dilandasi dari jawaban-jawaban kita.

1.     Mulai dengan masa lalu
a.     Apakah pengalaman anda tentang cara belajar?
b.     Pengalaman seperti apa yang anda miliki tentang belajar?
c.     Apakah anda senang membaca? Memecahkan masalah? Mengetahui cara untuk meringkas? Tanyakan sendiri tentang apa yang kamu pelajari? Meninjau kembali?
2.     Teruskan ke masa kini
a.     Apakah anda memiliki minat?
b.     Berapa banyak waktu yang dibutuhkan?
c.     Apa yang bisa saya kontrol dan apa yang diluar dari kontrol saya?
d.     Apa saya punya rencana? Apakah rencana saya telah dipertimbangkan dengan pengalaman dan gaya belajar?
3.     Pempertimbangkan proses (Persoalan Utama)
a.     Apa judulnya?
b.     Apa kata kunci yang dominan?
c.     Apakah saya mengerti?
d.     Apakah yang telah saya ketahui?
e.     Sumber dan informasi yang mana dapat membantu saya?
f.      Apakah saya berhenti dan meringkas?
g.     Apakah saya berhenti dan bertanya jika ini logis?
h.     Apakah saya berhenti dan mengevaluasi (setuju/tidak setuju)?
i.      Apakah saya membutuhkan waktu untuk berpikir dan kembali lagi?
j.      Apakah saya perlu mendiskusi dengan "pelajar-pelajar" lain untuk proces informasin lebih lanjut?
k.     Apakah saya perlu mencari "para ahli", guruku atau pustakawan atau ahliawan?
4.     Buat Review
a.     Apakah kerjaan saya benar?
b.     Apakah bisa saya kerjakan lebih baik?
c.     Apakah rencana saya serupa dengan "diri sendiri"?
d.     Apakah saya memilih kondisi yang benar?
e.     Apakah saya meneruskannya; apakah saya disipline pada diri sendiri?
f.      Apakah anda sukses?
g.     Apakah anda merayakan kesuksesan anda?

Tentunnya dengan berusa menjawab setiap pertanyaan diatas maka kita dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan kita dalam hal melakukan belajar. Ada sedikit tips yang mungkin ada baiknya dipertimbangkan untuk dapat dijadikan pedoman kita untuk melakukan belajar dengan efektif:

Pengaturan Waktu adalah membuat dan melakukan jadwal belajar agar dapat mengatur dan memprioritaskan belajarmu dalam konteks membagi waktu dengan aktivitas, keluarga, dan lain-lain.

Pedoman:
·         Perhatikan waktumu.
·         Refleksikan bagaimana kamu menghabiskan waktumu.
·         Sadarilah kapan kamu menghabiskan waktumu dengan sia-sia.
·         Ketahuilah kapan kamu produktif.

Dengan mengetahui bagaimana kamu menghabiskan waktu dapat membantu untuk; Membuat daftar "Kerjaan". Tulislah hal-hal yang harus kamu kerjakan, kemudian putuskan apa yang dikerjakan sekarang, apa yang dikerjakan nanti, apa yang dikerjakan orang lain, dan apa yang bisa ditunda dulu pengerjaannya.

Membuat jadwal harian/mingguan. Catat janji temu, kelas dan pertemuan pada buku/tabel kronologis. Selalu mengetahui jadwal selama sehari, dan selalu pergi tidur dengan mengetahui kamu sudah siap untuk menyambut besok. Merencanakan jadwal yang lebih panjang. Gunakan jadwal bulanan sehingga kamu selalu bisa merencanakan
kegiatanmu lebih dulu. Jadwal ini juga bisa mengingatkanmu untuk membuat waktu luangmu dengan lebih nyaman.

Rencana Jadwal Belajar Efektif:
·         Beri waktu yang cukup untuk tidur, makan dan kegiatan hiburan.
·         Prioritaskan tugas-tugas.
·         Luangkan waktu untuk diskusi atau mengulang bahan sebelum kelas.
·         Atur waktu untuk mengulang langsung bahan pelajaran setelah kelas.

Ingatlah bahwa kemungkinan terbesar untuk lupa terjadi dalam waktu 24 jam tanpa review.
·         Jadwalkan waktu 50 menit untuk setiap sesi belajar.
·         Pilih tempat yang nyaman (tidak mengganggu konsentrasi) untuk belajar.
·         Rencanakan juga "deadline".
·         Jadwalkan waktu belajarmu sebanyak mungkin pada pagi/siang/sore hari.
·         Jadwalkan review bahan pelajaran mingguan.
·         Hati-hati, jangan sampai diperbudak oleh jadwalmu sendiri!




Salam gitsali, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar