Pidato Ir. Soekarno Pada Pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan


Saudara-saudara sekalian!

Saya telah meminta saudara-saudara hadir di sini untuk menyaksikan suatu peristiwa maha penting dalam sejarah kita. Berpuluh-puluh tahun, kita Bangsa Indonesia telah berjuang untuk kemerdekaan Tanah Air kita.

Gelombang aksi kita untuk mencapai kemerdekaan itu ada naik dan turunnya, tetapi jiwa kita tetap menuju cita-cita.

Juga di jaman Jepang, usaha kita untuk mencapai kemerdekaan nasional tidak berhenti-henti. Di dalam zaman Jepang ini, tampaknya saja kita menyandarkan diri kepada mereka. Tetapi pada hakikatnya, tetap kita menyusun tenaga kita sendiri.

Sekarang tibalah saatnya kita benar-benar mengambil nasib bangsa dan nasib tanah air dalam tangan kita sendiri, akan dapat berdiri dengan kuatnya.

Maka kami, tadi malam telah melakukan musyawarah dengan pemuka-pemuka rakyat Indonesia. Permusyawaratan itu seia sekata berpendapat, bahwa sekaranglah datang saatnya untuk menyatakan kemerdekaan kita.

Saudara-saudara!
Dengan ini kami menyatakan kebulatan tekad itu.
Dengarlah proklamasi kami:


PROKLAMASI

Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain diselenggarakan dengan seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

Jakarta, 17 Agustus 1945
Atas nama Bangsa Indonesia


SOEKARNO – HATTA


Demikianlah saudara-saudara!
Kita sekarang telah merdeka! Tidak ada satu pun ikatan lagi yang mengikat Tanah Air kita dan Bangsa kita. Negara Merdeka, Negara Republik Indonesia, kekal dan abadi.
Insya Allah, Tuhan memberkati kemerdekaan kita itu.



Salam gitsali, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar